MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA HASIL PENGEMBANGAN
DISUSUN
OLEH KELOMPOK 5
LUKITA
SARI (RSA1C115002)
ISMI HASANAH (RSA1C115008)
NADILLA
ERINA HANDAYANI (RRA1C115008)
ESTER
MORDEKAI (RSA1C115009)
M.MASBUN
PANE (RRA1C115016)
HALIZA
AGUSRIYANI PUTRI (RRA1C115017)
ROSTALINDA
RUMAPEA (RSA1C115022)
LILIS
NURHAYATI (RSA1C115029)
Materi
: Pengujian Larutan Elektrolit dan Non elektrolit
Tujuan
: Dapat menguji hantaran listrik melalui larutan
Dapat mengidentifikasi
larutanelektrolit dan non elektrolit
Dasar
teori
Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus
listrik dengan memberikan gejala berupa
menyalanya
lampu pada alat uji atau timbulnya gelmbung gas dalam larutan .Larutan yang
menunjukan gejala – gejala tersebut pada pengujian tergolong ke dalam larutan
elektrolit.
Larutan
nonelektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik dengan
memberikan gejala berupa tidak ada gelembung dalam larutan atau lampu tidak
menyala pada alat uji. Larutan yang menunjukan gejala – gejala tersebut pada
pengujian tergolong ke dalam larutan nonelektrolit.
Larutan
elektrolit kuat adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik dengan
baik. Hal ini disebabkan karena zat terlarut akan terurai sempurna (derajat
ionisasi = 1) menjadi ion-ion sehingga dalam larutan tersebut banyak mengandung
ion-ion. Karena banyak ion yang dapat menghantarkan arus listrik, maka daya
hantarnya kuat.
Larutan
elektrolit lemah adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik dengan
lemah. Hal ini disebabklan karena zat terlarut akan terurai sebagian (derajat
ionisasi = 0 < α < 1) menjadi ion-ion sehingga dalam larutan tersebut
sedikit mengandung ion. Hal ini disebabkan tidak semua terurai menjadi ion-ion
(ionisasi tidak sempurna) sehingga dalam larutan hanya ada sedikit ion-ion yang
dapat menghantarkan arus listrik.
Alat
dan Bahan
alat:
alat:
1. 3 baterai besar
2. 1 bola lampu
3. Kabel
4. papan
5. 2 paku
6. lakban hitam
bahan:
bahan:
1. Larutan garam
2. larutan asam cuka (CH3COOH)
3. Larutan gula
4 larutan H2SO4
Langkah - Langkah pengujian dan rangkaian alat
langkah
percobaan:
1.
periksalah apakah alat penguji elektrolit dapat bekerja dengan baik atau tidak
jika kedua elektroda dihuugkan , lampu dapat menyala
2.
masukkan paku ke salah satu larutan yang akan diuji kekuatan daya hantar
listriknya dengan 2 buah katoda kedalam gelas beker hingga setengahnya,
perhatikan jangan sampai bersentuhan.
3.
catat dan priksakaj apa yang terjadi pada alat pengujinya, apakah lampu
menyala atau padam, memiliki gelembung atau tidak.
4.
bersihkan kedua katoda/ elektroda tersebut dengan ampla.
5.
ulanggi angkah prosedur 3-5 pada larutan yang akan diuji .
materi selengkap nya dapat dilihat dalam
video yang telah kami upload ke youtube dengan link berikut :https://www.youtube.com/watch?v=SGqW1kpJpOU
Saya ingin menambahkan sedikit materi yaitu :
BalasHapusLarutan elektrolit ini memberikan gejala berupa menyalanya lampu atau timbulnya gelembung gas dalam larutan. Larutan elektrolit mengandung partikel-partikel yang bermuatan (kation dan anion). Larutan ini dapat bersumber dari senyawa ion (senyawa yang mempunyai ikatan ion) atau senyawa kovalen polar (senyawa yang mempunyai ikatan kovalen polar)
Larutan elektrolit kuat adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik dengan baik. Hal ini disebabkan karena zat terlarut akan terurai sempurna (derajat ionisasi = 1) menjadi ion-ion sehingga dalam larutan tersebut banyak mengandung ion-ion. Karena banyak ion yang dapat menghantarkan arus listrik, maka daya hantarnya kuat.
Contohnya: NaCl
Larutan elektrolit lemah adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik dengan lemah. Hal ini disebabklan karena zat terlarut akan terurai sebagian (derajat ionisasi = 0 < α < 1) menjadi ion-ion sehingga dalam larutan tersebut sedikit mengandung ion. Hal ini disebabkan tidak semua terurai menjadi ion-ion (ionisasi tidak sempurna) sehingga dalam larutan hanya ada sedikit ion-ion yang dapat menghantarkan arus listrik.
Contohnya: air biasa, dan NH3
terima kasih kepada saudari lutfi yang telah menambahkan materi
HapusHai Lukita sari. Terimakasih atas postingannya. terimakasih telah menambah wawasan tentang media pembelajaran yang dapat digunakanpada materi kimia. saya ingi bertanya, setelah kamu lakukan media pembelajaran ini, adakah kendala yang kamu dapatkan? dan bagaimana cara mengatasi kendala tersebut? terimakasih lukita:)
BalasHapuskendala yang kami hadapi yaitu ketika merangkai alat, dalm merangkai alat ini agak sedikit sulit, tapi kami bisa mengatasi nya
HapusAssalamualaikum wr wb . . .
BalasHapusbaiklah, nama saya Muhammad Azhabul yamin. disini saya ingin bertanya, selain kendala diatas seperti yang ditanyakan rostalinda coba anda jelaskan cara kita membedakan larutan elektrolit dan larutan non elektrolit itu sendiri apabila tanpa adanya bantuan media itu sendiri, jika kita mengalami keterbatasan alat dan bahan yang digunakan ?
menurut saya hanya dengan media itu kita dapat menentukan mana larutan elektrolit dan non elektrolit
Hapusmengapa anda memilih multimedia ini? sedangkan masih banyak multimedia yang lebih bagus dan menarik dar ini?
BalasHapuskami hanya mengambil salah satunya saja
Hapusapakah ada media lain yang dapat digunakan untuk membedakan antara larutan elektrolit lemah dan kuat ?
BalasHapusmenurut saya hanya dengan media ini kita dapat menentukan mana larutan elektrolit dan non elektrolit
HapusApakah dengan menggunakan media ini siswa bisa memahami dengan materi yg disampaikan?
BalasHapusmenurut saya bisa, karena dengan adanya media ini dapat memudah kan siswa dalam memahami materi
Hapus