Selasa, 14 Maret 2017

ALAT PERAGA SEDERHANA

ALAT PERAGA SEDERHANA

DISUSUN OLEH KELOMPOK 5 

LUKITA SARI                          (RSA1C115002)
ISMI HASANAH                       (RSA1C115008)
NADILLA ERINA H.                 (RRA1C115008)
ESTER MORDEKAI S.             (RSA1C115009)
M.MASBUN PANE                   (RRA1C115016)
HALIZA AGUSRIYANI P.         (RRA1C115017)
ROSTALINDA RUMAPEA       (RSA1C115022)
LILIS NURHAYATI                  (RSA1C115029)

Materi : Balon Mengembang tanpa di tiup
Tujuan :
·         Dapat menguji Balon Mengembang tanpa di tiup.
·         Dapat mengetahui reaksi kiia dan sifat wujud benda berupa gas.

Dasar teori:

Alat dan Bahan:
·         Alat:
Botol
Kertas
Balon

·         Bahan:
Cuka
Soda kue

Langkah - Langkah pengujian :

Langkah pertama masukkanlah cuka tadi ke dalam balon yang sudah kita siapkan, setelah itu siapakan balon dan soda kue, masukkan dengan menggunakan kertas yang sebelumnya digulung seperti bentuk corong.
kemudian kita pasang balon pada permukaan bibir botol yang telah diisi dengan cuka. Soda kue yang ada di dalam balon akan turun dan bereaksi dengan cuka sehingga timbullah gelembung-gelembung, gelembung tersebut berupa gasyang dapat mengembangkan balon tanpa di tiup. Dari percobaan ini kita menggunakan reaksi kimia serta sifat wujud dari gas.






materi selengkap nya  dapat dilihat dalam video yang telah kami upload ke youtube dengan link berikut : https://www.youtube.com/watch?v=ylbQ-kHBwvI

14 komentar:

  1. Assalamualaikum saya ingin sedikit bertanya
    Prinsip dasar apakah yang anda gunakan dalam membuat alat peraga diatas? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam
      prinsip yang di gunakan yaitu untuk mengetahui bahwa ada bahan yang bisa di gunakan untuk mengisi gas pada balon selain enggunakan alat, yaitu soda kue

      Hapus
  2. saya ingin bertanya kendala atau kesulitan yang saudari alami saat membuat alat peraga tersebut ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kira dala mengupulkan alat dan bahan tidak ada kendala, hanya saja pada saat melakukan uji coba di temukan sebuah kendala, yaitu takaran dari cuka dan soda yang mungkin kurang pas

      Hapus
  3. Saya hanya bertanya bagaimana mekanisme reaksi pada saat soda kue yang ada didalam balon dijatuhkan kebotol yang telah berisi asam cuka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketika soda bercampur dengan air cuka langsung terjadi gelembung-gelembung gas, sehingga dapar mengembangkan balon

      Hapus
  4. dari media berupa alat peraga yang anda buat, apakah dapat meningkatkan minat siswa akan pembelajaran kimia ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menuru saya bisa karena dengan adanya media ini di harapka dapat memudahan siswa

      Hapus
  5. saya frandi mardiansyah, disini saya ingin mencoba menjawab pertanyaan dari almonawaroh. menurut saya media yang mereka cukup untuk menarik perhatian siswa. karena biasanya siswa itu lebih suka melihat alat peraga daripada melihat hanya sebuah teori. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kepada saudara frandi yang telah membantu menjawab

      Hapus
  6. Assalamualaikum saya ingin bertanya
    adakah kendala ketika nantinya video ataupun media yang anda gunakan ini nantinya diterapkan disekolah? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya tidak, karena alat yang di gunakan berasal dari barang bekas dan bahan nya pun mudah di temukan

      Hapus
  7. Mengapa anda memilih materi ini untuk dijadikan alat peraga dan apa keunggulan media tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena materi ini agak susah di pahami jadi kami memilih materi ini untuk di jadikan sebuah media pebelajaran

      Hapus